Buruh Oh Buruh….

Sebenarnya issue ini udah cukup santer di daerah Bekasi dan sekitarnya, karena ya memang kawasan industry yang besar berdiri dibumi cikarang ini dah cukup lama berkembang. Issue outsourceshing ini emg dah semenjak pertengahan tahun 2012 dah santer disuarakan, ada sebagian perusahaan yang udah tunduk dengan kemauan buruh tentang satu itu tapi masih banyak juga ternyata yang masih ngeyel. Hal inilah yang memacu para buruh pendemo untuk mengsiasati gerakan mogok kerja masal kemudian berdemo demi tercapainya keinginan – keinginan para buruh tersebut. Dan rencananya hal itu akan dilakukan besar besaran mencangkup seluruh pekerja Indonesia..Hmm, awalnya saya pesimis. Tapi pagi itu pikiran saya mulai goyah.

03 Oktober 2012

Pagi itu nuansa Bekasi nampak tetap sama, cerah, lalu lintaspun lancar . Tapi pemandangan mulai berubah saat melintasi suatu pabrik diperbatasan antara Bekasi dengan Bogor. Diperusahaan tersebut terlihat semua karyawannya berdiri diluar bangunan dan meneriakan yel yel

Setelah turun dari angkutan umum dan mulai masuk ke gang yang mengarah ke perusahaan tempat gw kerja, suasana masih kondusif dan berjalan seperti layaknya hari kerja biasa, gw sampai dikantor dan mulai menyalakan computer dan berkutik dengan file- file kerjaan gw. Jam menunjukan kurang lebih pukul 08.30 saat itu.

Tiba tiba HRD perusahaan tempat gw bernaung berteriak bahwa semua karyawan harus keluar rungan dan berkumpul di area halaman pabrik. Gw sedikit panik tapi masih terkontrol

Berkumpulah kami dihalaman pabrik, keadaan kala itu pagar perusahaan masih membentang kokoh menghalangi kami dengan jalan gang tepat didepan mata, terlihat sekelompok ormas menggunakan seragam merah dan hitam berteriak teriak dengan lantang supaya pagar dibuka. Security gw pun nampak panik, dia sibuk dengan alat HT nya sampai pada akhirnya itu pager didorong ama kelompok ormas tersebut dan seketika mereka melakukan sweeping dipabrik tempat gw kerja supaya kegiatan produksi berhenti dan semua karyawan untuk ikut serta berunjuk rasa.

Awalnya semua cuma ikut paling tidak ber yel – yel ria dihadapain mereka..meneriakan ‘ Hidup Buruh..Hidup Buruh..’ Tapi para seragam merah dan hitam itu tidak bodoh, mereka tetap ngotot supaya gw dan rekan rekan sepabrik lain untuk ikutan demo ke Kawasan yang ada didaerah Cileungsi untuk ikut campur baur dengan massa yang lainnya. Parkiran tempat karyawan pabrik gw itupun ga luput dari sasaran. Mereka mengancam akan membakar motor- motor yang ada apabila kita kita ga ikut berkontribusi.

Terdengar nada tinggi namun cukup menginspirasi ‘ Turun lw, ikut demo.. jangan maunya pas naik gaji aja tolol’ Beuuuhhh nonjok bgt kan tuh kata kata..disautin lagi ama temennya ‘ Ayo ikut, mau jadi karyawan ga ? mau jadi pegawai kontrak seumur hidup ..?’ Ya emg bener juga sih…tersulut semangat dalam hati gw. Sebagai buruh kontrak yang dah hamper 4 tahun jalanin, gw mulai ngerasa jengah akan semua ini, gw mikir juga..biar para pengusaha tau kekuatan buruh itu ga selemah perkiraannya.

Indonesia negara yang besar dunia jelas mengakui, dan miskin ! itu yang menyayangkan.
Dari mana gaji pejabat, semua fasilitas, dan pengembangan yang ada selain dari rakyatnya. Dimana raktyatnya bisa kasih kontribusi pajak kalau penghasilannya aja tidak mencukupi, tidak adil bukan ? sementara pajak itu tidak pandang bulu. Okelah bagi si kaya..lantas bagi yang sebaliknya ? ga abis dipikir deh…

Sempet dapet selebaran apa aja yang mereka tuntut, diantaranya :

Hapus outscoureching dari bumi Indonesia
Tolak upah murah, dan
Jaminan kesehatan untuk seluruh rakyat indonesia

Sedikit dokumentasi yang terjadi ketika demo itu berlangsung dimana gw sempet ikut komvoi kala itu.

Denger denger sih demo ini ga sebatas tanggal 03 kemarin aja, katanya lepas waktu 2 minggu belum ada reaksi positif dari pihak yang berwenang dalam hal ini pemerintah tentang tuntutan mereka. Mereka bakal melakukan demo yang lebih besar- besaran lagi. Hmm, we will see .

Jayalah buruh Indonesia, kalian mesin kehidupan keluarga dan negara. Semangaattt !

Penulis: euzhan

i'm simple but stronger, yeah..!

Tinggalkan Balasan

